Penyebab dan Cara Alami Mengobati Jamur di Kulit

Penyebab dan Cara Alami Mengobati Jamur di Kulit

Penyebab dan cara alami mengobati jamur kulit – Jamur ialah salah satu mikroorganisme penyebab penyakit kulit pada manusia. Jamur dapat tumbuh dimana saja seperti di udara, air, pakaian, tanah dan bahkan dapat tumbuh di tubuh manusia. karena jamur ini termasuk tumbuhan yang tidak mempunyai hijau daun, maka dapat hidup secara saprofit (numpang hidup) atau parasit (numpang makan).

Penyebab dan Cara Alami Mengobati Jamur di Kulit

Namun kedua cara hidupnya ini merugikan organisme hidup lain yang ditumpangi, tak terkecuali manusia. Bahkan golongan jamur yang bersifat oportunistik yang tidak menimbulkan penyakit, bisa juga menimbulkan penyakit apabila ada faktor-faktor tertentu. Penyebab jamur di kulit bisa terjadi karena kesehatan atau kebersihan kulit yang tidak terjaga dengan benar. Kulit akan selalu berhadapan dengan masalah kulit, seperti halnya jamur atau dermatomikosis. Penyakit ini banyak diderita penduduk Negara tropis, termasuk di Indonesia. Kebanyakan kasus yang di jumpai akibat jamur adalah kurap, panu dan kandidosis kulit dan kuku.

Bagian terkecil dari jamur yang disebut spora mudah terbawa oleh udara, bila spora ini hinggap pada pakaian atau kulit orang yang sehat dan di tempat ini lingkungannya menunjang maka ia akan berkembang. Selanjutnya, pada tempat yang baru ini spora berkembang menjadi benang jamur (hifa), kebetulan sekali kalau tempat yang baru ini kulit terinfeksi maka timbullah penyakit. Penularan pun terjadi, bila terjadi kontak kulit. Jika sudah terlanjur terkena jamur hal pertama yang harus dilakukan ialah mengatasi jamur di kulit tersebut, banyak cara alami untuk mengobati jamur di kulit Apabila terjadinya pengembangbiakan di kepala (kurap kepala) akan nampak gejala seperti pitak dengan bercak abu-abu dan bersisik menyerupai sarang lebah dan melekat kuat di kulit kepala. Sedang rambut yang terkena infeksi, akan patah dan yang tertinggal adalah ujung rambut yang penuh spora. Kurap kepala ini akibat jamur microsporum sp dan trichophyton sp. Sedang kurap pada badan/lipatan paha atau jamur di kulit, akan menyebabkan bercak merah bersisik yang pada tepinya ada bintik-bintik.

Penyebab jamur di kulit

Penyebab jamur di kulit

Beberapa orang yang mempunyai jenis kulit lembab, akna dengan mudah terkena jamur di kulit, karea bakteri penyebab jamur di kulit akan mudah menyerang jenis kulit lembab, selain itu untuk orang yang kurang menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh terutama kulit pun akan dengan leluasa jamur menyerang kulit. Berikut beberapa penyebab jamur di kulit :

  1. infeksi sinus

Sinus ini disebabkan karena adanya bekteri yang menempel di dalam darah. Jamur dalam infeksi sinus ini dapat tumbuh dengan cepat ketika selaput lendir serta lingkungan disekitar sana sangat lembab dan juga hangat, tentu hal itu akan membuat jamur semakin mudah untuk tumbuh. Bahkan infeksi sinus ini membawa beberapa bahaya, diantaranya ketika sinus ini tidak segera diobati dan menjadi kritis maka akan menyebabkan demam, sesak nafas, shock, darah beku dan bahkan sampai pada sakit kuning. Bahkan tidak hanya itu saja, jamur yang semakin menyebar luas ini dapat berjalan dari sinus menuju ke otak, hati, dan ginjal. Infeksi sinus ini adalah salah satu hal yang menyebabkan penyebab hati bengkak sehingga jangan diangap remeh penyakit ini.

  1. Pakaian yang ketat

Pakaian yang ketat menyebabkan jamur kulit akan lebih mudah tumbuh dan berkembang biak pada kulit, karena pakaian yang ketat akan membuat lembab dan hangat kulit yang ada didalamnya, itu sebabnya jamur akan mudah tumbuh dan berkembang biak.

  1. Ganti-gantian pakaian

Pakaian yang digunakan secara bergantianpun akan menyebabkan tertularnya jamur kulit, hal ini dikarenakan virus jamur kulit menempel pada pakaian dan pakaian itu dipakai orang lain maka mungkin saja jamur itu akan berkembang biak di kulit lain.

  1. Pemakaian sabun bersamaan

Tidak hanya pakaian yang berganti-gantian, tetapi sabun batang pun juga demikian. Jadi lebih baik menggunakan sabun cair, agar lebih aman. Agar jika seorang yang menggunakan sabun itu mengalami sakit jamur kulit anda tidak mudah tertular karenanya.

  1. Pemakaian handuk bersamaan

Selain sabun dan pakaian pemakaian handuk yang bersamaan juga menjadi salah satu penyebab terserangnya jamur kulit dan merajalelanya jamur kulit di kulit sehat yang anda miliki itu.

  1. Tertular

Memang jamur kulit sangat mudah menular, terutama pada saat gesekan sekalipun. Untuk itu salah satu penyebab jamur kulit adalah tertular.

Baca juga : Cara mengobati gatal di selangkangan

Cara alami mengobati jamur di kulit

Cara alami mengobati jamur di kulit

Pahami terlebih dahulu bentuk-bentuk dan ciri-ciri infeksi jamur pada kulit. Dalam dunia medis, infeksi jamur kuku disebut dengan Dermatomikosis, merupakan infeksi jamur yang terjadi di permukaan tubuh kita, yang tidak hanya menyerang kulit tubuh tetapi juga kulit kepala dan kuku. Setelah itu cari obat alami mengobati jamur di kulit sesuai dengan bentuk dan ciri jamur yang anda alami. Infeksi jamur umumnya ditandai dengan: Bercak bersisik, kulit berubah warna (pink, putih, atau warna cokelat) Rasa gatal di daerah yang terkena, terutama ketika berkeringat Daerah yang terkena (lesi) perlahan tumbuh menjadi melebar Rambut atau bulu kulit menjadi rontok. Berikut beberapa cara alami mengibati jamur di kulit :

  1. Teh

Untuk infeksi jamur yang menyerang bagian dasar kuku dan jari kaki, Anda dapat menggunakan teh hitam. Caranya, celupkan 5 kantong teh hitam dalam 4 cangkir air mendidih selama 5 menit. Biarkan hingga air menjadi dingin lalu masukkan kaki atau tangan Anda ke dalamnya selama 30 menit. Ulangi 2 kali sehari selama 5-6 minggu.

  1. Minyak kelapa

Anda mungkin tidak menyangkanya, tapi memang benar bahwa minyak kelapa dapat digunakan sebagai obat jamur kulit karena kandungan asam lemak rantai sedang di dalamnya. Asam lemak inilah yang bekerja secara efektif dalam membasmi jamur. Untuk hasil terbaik, gunakan virgin coconut oil (VCO) yang sekarang dapat dengan mudah ditemukan di toko atau supermarket. Cukup oleskan VCO ke area yang terinfeksi dan biarkan mengering sendiri. Ulangi 2-3 kali sehari hingga infeksi jamur menghilang.

  1. Bawang Putih

Bumbu  dapur yang satu  ini memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya untuk mengobati jamur kulit. Cara nya potong satu siung bawang putih, lalu gosokkan pada kulit yang terinfeksi jamur pagi dan sore hari.

  1. Kayu manis

Kayu manis adalah salah satu anti jamur yang paling efektif bertindak secara khusus pada infeksi. Minyak kayu manis dan kayu manis merupakan pilihan paling efektif untuk mengobati jamur kulit secara alami di rumah.

  1. Cuka Apel

Cara menghilangkan jamur pada kulit dengan cuka apel yaitu, sampurkan cuka apel dengan teh kental. Kemudian oleskan pada kulit yang terkena jamur.

  1. Lengkuas

Lengkuas dari dulu diketahui sebagai obat untuk jamur kulit. Cara menggunakannya pun sangat mudah dan praktis. Yaitu dengan mencuci bersih laos, potong menjadi dua bagian lalu gosok-gosokkan pada kulit yang terkena jamur. Lakukanlah setiap hari hingga jamur kulit menghilang.

  1. Kunyit

Kunyit telah lama dikenal memiliki kandungan antiseptik dan antijamur alami, yang membuatnya menjadi obat jamur kulit dari bahan tradisional yang sangat baik. Cukup dengan menumbuk halus kunyit lalu menempelkannya di atas kulit yang terinfeksi, diamkan beberapa saat, lalu basuh dengan air suam-suam kuku. Untuk mempercepat proses penyembuhan, panaskan segelas susu yang telah ditambahkan 1 sendok teh bubuk kunyit. Tambahkan pula madu sesuai selera, lalu minum saat masih hangat.

Itulah beberapa informasi mengenai Penyebab dan cara alami mengobati jamur kulit, ketahui terlebih dahului penyebab jamur yang anda alami, terutama ciri-ciri pada jamur kulit anda, setelah itu anda bisa menentukan obat alami yang paling ampuh untuk mengobati jamur di kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *