10 Ramuan Herbal Untuk Mengobati Gatal di Kulit

10 Ramuan Herbal Untuk Mengobati Gatal di Kulit

Ramuan herbal untuk mengobati gatal di kulit –  Kulit gatal atau dapat disebut pruritus ialah suatu kondisi yang umum dapat terjadi. Kondisi seperti gatal di kulit kemungkinan bisa menjadi suatu indikasi penyakit. Bisa dapat disebabkan oleh jamur, bakteri, virus atau penyakit dalam seperti gangguan hati, gangguan saraf. Gatal di kulit bisa terjadi kapan saja dan menimpa siapa saja. Banyak orang yang mengeluh akibat gatal di kulit, selain mengganggu aktifitas juga dapat menimbulkan masalah kesehatan lain. Gatal bagian tubuh umumnya ditandai dengan kemunculan ruam kemerahan, Dalam kondisi seperti ini biasanya akan hilang secara sendirinya atau di tangani dengan obat, baik itu menggunakan obat gatal alami maupun salep. Selain itu, juga terdapat kasus yang tidak di tandai dengan kemunculan ruam.

Ramuan Herbal Untuk Mengobati Gatal di Kulit

Gejala gatal dapat terlokalisasi pada salah satu bagian tubuh, misalnya pada sela paha atau sela jari tangan, dapat juga mengenai seluruh tubuh. Tergantung penyebab, gatal dapat disertai dengan gejala bentol-bentol berisi cairan, bentol kecil disertai kulit bersisik di sekitarnya, kemerahan, kulit kering dan pecah-pecah, dll. Selain itu, dari segi perjalanan penyakit, ada gatal yang berlangsung lama dan susah disembuhkan, ada pula yang hanya berlangsung singkat. Hal ini sekali lagi, tergantung pada penyebabnya. Begitupun cara penanganan baik itu menggunakan ramuan herbal untuk mengobati gatal di kulit maupun salep, dan resep dari dokter berdasarkan penyebabnya.  Gatal seringkali menjadi semacam lingkaran setan. Orang yang gatal otomatis akan menggaruk. Tetapi semakin digaruk, semakin gatal, dan tambah digaruk lagi. Akibat garukan yang keras, kulit dapat mengalami kerusakan. Jika hal ini terjadi, maka kulit rentan mengalami infeksi yang ditandai dengan bengkak, basah, dan bernanah.

Penyebab gatal di kulit

Penyebab gatal di kulit

Gatal di kulit terjadi dengan begitu cepat, karena jamur dan bakteri penyebab gatal di kulit sangat cepat bereaksi di permukaan kulit terutama yang lembab. Untuk orang yang memiliki tekstur kulit lembab berpeluang besar terkena bakteri dan jamur. Namun selain jamur dan bakteri, penyebab gatal di kulit terjadi karena beberapa faktor. Berikut faktor penyebab terjadinya gatal pada kulit :

  1. Penyakit Kulit dan Ruam

Penyakit kulit yang menimbulkan rasa kulit gatal biasanya adalah dermatitis, kudis, cacar air, panu, biduran, jamur kulit dan penyakit kulit lainnya. Tanda-tandanya seperti kulit merah, lantas teriritasi , terdapatnya benjolan dan jika digaruk akan lecet dan pedih.

  1. Kulit Kering

Gatal juga timbul akibat adanya kulit yang kering. Faktor yang memicunya berupa cuaca yang ekstrim, seperti panas dan dingin. Selain itu, faktor kelembaban yang begitu rendah, mencuci atau mandi dengan sangat seringnya, bahkan pengunaan AC jangka panjang

  1. Reaksi Alergi dan Iritasi

Alergi pada makanan tertentu dapat menimbulkan rekasi gatal terhadap kulit. Terkadang akan muncul seketika setelah mengonsumsi makanan atau zat tertetntu, tetapi jika anda menghindarinya maka gatal akan hilang. Bukan hanya itu, kosmetik juga menyebabkan alergi pada kulit. Sementara iritasi pada kulit biasanya akibat dari bahan kimia, sabun atau zat lainnya yang memicunya.

  1. Kurang menjaga kebersihan

Penyebab gatal di kulit yang harus selalu di jaga yaitu kebersihan. Kebersihan adalah suatu hal yang perlu untuk kita terapkan. Jika anda mengalami gatal-gatal, maka bisa saja hal itu disebabkan karena kurangnya kebersihan dalam lingkungan maupun diri anda

  1. Gigitan serangga

Gigitan serangga seperti nyamuk juga menyebabkan kulit kita menjadi gatal-gatal. kebersihan yang kurang terjaga sehingga banyak nyamuk dan menggigit kulit anda lalu terjadi gatal-gatal. Jika hal ini dibiarkan akan sangat berbahaya. Tanpa kita sadari bisa saja gigitan serangga seperti nyamuk tersebut menyebab datangnya penyakit demam berdarah, cikumunya, dan lain sebagainya.

  1. Faktor makanan

Makanan juga dapat menjadi pemicu atau penyebab terjadinya gatal-gatal. Beberapa jenis makanan memang dapat menyebabkan rasa gatal. Seperti susu, telur, jenis kacang-kacangan, dan lain-lain. Pelajarilah berbagai jenis makan lainnya yang dapat menyebabkan terjadinya gatal-gatal, lalu kurangi mengkonsumsi makanan tersebut agar tidak menimbulkan gatal-gatal seperti alergi.

Baca Juga : Cara Mengobati Jamur di Kulit

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab terjadinya gatal pada kulit, selanjutnya bisa diketahui obat yang coock dan ampuh untuk mengatasi gatal di kulit. Mengobati gatal di kulit dapat dengan beberapa cara. Untuk anda yang tidak ingin ribet sebaiknya berknsultasi ke dokter dan menggunakan obat atau salep sesuai rujukan. Namun jika anda tidak ingin berkonsultasi ke dokter bisa menggunakan obat herbal alami untuk mengobati gatal di kulit, kelebihan obat herbal alami tersebut obat bereaksi langsung  membunuh bakteri penyebab gatal. Dan dijamin gataldi kulit tidak akan terulang kembali.

10 Ramuan herbal untuk mengobati gatal di kulit :

  1. Lemon dan Minyak Kelapa

Cara paling mudah untuk mengatasi gatal pada kulit adalah dengan jeruk lemon dan minyak kelapa .

Caranya sebagai berikut :

  • peras jeruk lemon,
  • kemudian campurkan perasannya dengan minyak kelapa.

cara mengobatinya adalah dengan mengoleskan campuran tersebut ke bagian kulit yang terasa gatal. Biarkan selama satu malam dan tunggu sampai gatal-gatal tersebut berkurang atau menghilang.

  1. Kunyit

Bahan dapur yang satu ini sudah sejak lama dipercaya bisa mengatasi berbagai macam masalah pada kulit. Akan tetapi untuk pengobatan gatal-gatal, yang Anda butuhkan adalah kunyit yang sudah tua.

Caranya sebagai berikut :

  • Cuci terlebih dahulu kunyit dan daun sambiloto hinga bersih,
  • Tumbuk kunyit tersebut dengan beberapa lembar daun sambiloto sampai halus.
  • Kemudian baru Anda oleskan hasil tumbukannya pada bagian tubuh atau kulit Anda yang gatal.
  1. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya sudah lama terbukti mampu mengatasi banyak jenis penyakit kulit, baik untuk kulit gatal berair maupun kering.

Caranya sebagai berikut :

  • Potong daun lidah buaya,
  • lalu oleskan cairan atau gelnya ke bagian kulit yang bermasalah.
  • simpan sisa potongannya di freezer dan menggunakannya dikemudian hari, dapat disimpan selama satu minggu.
  1. Daun kemangi

Daun kemangi ini mengandung sejumlah minyak esensial contoh seperti eugenol yang dapat menenangkan rasa gatal kamu dan membuat kulitmu menjadi lebih nyaman.

Caranya sebagai berikut :

  • merebus 100 gram daun kemangi dengan air yang sudah mendidih.
  • Saat merebus kamu harus membuat pancinya tetap tertutup untuk mencegah supaya kandungan senyawa esensial eugenol nya tidak menguap ke udara.
  • Setelah itu biarkan air tadi menjadi dingin.
  • Kemudian masukkan kain yang lembut ke dalam air kemangi tadi lalu peras,
  • tempelkan pada kulit kamu yang gatal.
  1. Bawang putih

Mengapa bawang putih dapat mengobati gatal di kulit ? hal ini karena berbagai kandungan antioksidan dan senyawa organik pada bawang putih tidak dapat ditolerir oleh jamur patogen ini.

Caranya sebgai berikut :

  • Hancurkan dua siung bawang putih.
  • Gosokkan pada ruam kurap beberapa kali sehari.
  • Lakukan ini selama empat sampai lima hari atau sampai kondisinya membaik.
  1. Garam

Garam juga merupakan zat desinfektan yang sangat baik untuk membersihkan kulit. Hal ini lah yang dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi peradangan pada kulit. Cara menggunakan garam untuk kurap sangat sederhana, cukup aplikasikan garam yang dicampur sedikit air pada area kulit yang gatal.

  1. Pepaya

Zat papain membantu membersihkan dan mendorong sel baru yang sehat untuk menggantikannya sehingga gatal pada kulit dapat ditangani dengan mudah. Enzim yang ada dalam pepaya juga dapat menghancurkan pertahanan virus dan jamur, sekaligus mengurangi peradangan, rasa sakit dan iritasi. Untuk membantu membunuh jamur, gunakanlah pepaya mentah,

Caranya sebagai berikut :

  • Gosokkan sepotong pepaya mentah ke daerah yang terkena.
  • Biarkan selama setidaknya 15 menit
  • kemudian bilas dengan air hangat.
  • Lakukan ini setidaknya dua kali sehari selama beberapa hari.
  • Anda juga bisa mengoleskan jus daun pepaya segar atau pasta yang dibuat dengan biji pepaya kering.
  1. Daun sirih dan kulit manggis

Ramuan herbal untuk mengobati gatal pada kulit berikutnya yaitu Daun sirih dan kunyit. Ramuan herbal ini mampu Untuk meredakan rasa gatal kulit.

Caranya sebagai berikut:

  • sediakan terlebih dahulu 20 lembar daun sirih
  • 100 gram kulit buah manggis.
  • Setelah di cuci bersih,
  • rebus kedua bahan tersebut secara bersamaan dengan menggunakan air secukupnya hingga mendidih.
  • Setelah agak hangat, anda dapat menggunakan air rebusan tersebut untuk membasuh bagian kulit yang terasa gatal.
  1. Daun salam

Kandungan antibiotik alami yang terdapat di dalamnya menjadi salah satu alasan mengapa daun salam dapat di jadikan obat gatal pada kulit yang bisa di gunakan oleh semua jenis usia. Cara penggunaanya sendiri adalah dengan melumatkan beberapa lembar daun salam yang telah di cuci bersih. Kemudian tempelkan pada area kulit yang terasa gatal.

Baca juga : Obat gatal menahun

  1. Lengkuas

Tanaman umbi-umbian yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur ini akan sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah penyakit kulit  Lengkuas memiliki senyawa flavonoid yang akan berperan sebagai antioksidan dan juga akan berperan untuk mematikan zat-zat asing dalam tubuh, termasuk jamur penyebab penyakit kulit. Selain itu Lengkuas memiliki senyawa galangin dan karioferida yang berperan sebagai agen anti-inflammasi, sehingga akan menyembuhkan peradangan pada berbagai macam masalah kulit.

Itulah beberapa ramuan herbal untuk mengobati gatal di kulit. Gunakan obat herbal tersebut sesuai dengan penyebab yang telah di sebutkan di atas. Memang mengobati gatal di kulit dengan obat herbal tidak secepat obat dari apotek. Namun penyembuhan dengan obat herbal tersebut mampu membuat bakteri dan jamur penyebab gatal di kulit tidak kembali lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *